Cara Authorship google pada blog wordpress

Google.

Google memberikan fitur yang authorship, yang berguna bagi penulis disebuah blog. Authorship google sebenarnya sudah lama, ane lupa gan waktu pas ane kuliah dulu.hehe. Jadi gambarannya seperti ini misal agan nulis/jadi kontributor di suatu blog misal blog sendiri atau orang lain (nyunyu.com,malesbanget.com dst), maka hasil pencarian artikel yang agan tulis akan tampil foto google plus profil agan di hasil pencarian tersebut. narsis mode on..heuehu. Kayak punya ane nih gan.. Sombong mode on.hehe
authorship

Mumpung ane masih inget caranya gan. Berikut langkah-langkahnya gan:
1. Agan mempunyai akun Google Plus
2. Buka profil Google plus agan dan klik pada About dan ketikkan pada Contributor to: ,Pas kemarin dulu bikin susah gan muncul authorshipnya jadi ane bikin misal contributor to: https://android78.wordpress.com/ dan https://android78.wordpress.com/about. Sesuain dengan url yang agan punya gan misal agan kontributor di web/blog pastinya agan punya pages about author.
authorship2

3. Setelah itu agan Login web agan, untuk tutorial ini ane kasih contoh di wordpress gan. Masukkan code berikut pada Page about me agan:
<a rel="me" href="https://plus.google.com/100882484975899003822">.
Angka yang dicetak tebal merupakan Google plus profil url punya agan.
authorship3

4. Klik Widget di wordpress, dan masukkan code sesuai pada gambar dibawah ini. Jadi ane ngasih rel=author di footer, dan rel=me di sidebar gan, Dulu awal bikin di google bisa pake rel=me atau rel=author. Tapi agar tiap tulisan muncul maka ane kasih di footer yang rel=author. Coba agan perhatiin di bagian bawah blog ane pasti ada.
authorship4
authorship5

5. Setelah disimpan agan coba testing di http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets. Jadi muncul seperti dibawah ini dan pada resultnya: Authorship is working for this webpage.
authorship6

Untuk lebih jelasnya silakan agan klik referensi dibawah ini:
https://support.google.com/webmasters/answer/1408986?hl=en&ref_topic=2371375

Author: android78

i m cool

One thought on “Cara Authorship google pada blog wordpress”

Leave a comment