Tren teknologi internet

Teknologi digunakan untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan, sekarang internet atau handphone merupakan contoh pergeseran kebutuhan manusia, dulu internet mungkin tidak terlalu dibutuhkan tetapi sekarang sehari tanpa internet..(whaattt). Contohnya aja gw kerja pagi yang dibuka pasti google, email, dll atau di hp lo pasti langganan paket data kan.(walaupun internet numpang kantor.haha).

Mungkin udah pada tau kan istilah The Internet of Things (IoT) yaitu misi untuk menghubungkan semua kegiatan kita terhubung dengan internet. Mark zuckerberg pun berambisi dengan menghubungkan semua orang di dunia ke tiga untuk terhubung dengan internet gratis. Google sampai membuat android one yang murah meriah supaya orang-orang dengan penghasilan rendah dapat menggunakan smartphone (walau spek yanng rendah). Apple, sony, samsung dan LG berlomba-lomba membuat automasi smart home yang semua perabotan rumah tangga terhubung dengan internet mulai dari kulkas, lampu taman, jam tangan, suhu ruangan semuanya dapat diatur dengan smartphone. Pokoknya nya ada embel-embel pinter lah misal smartphone, smartwatch, smarttv, dll.

Sekarang coba pikirkan semua hampir terhubung internet mulai aktivitas makan, olahraga, pergi kemana, jual-beli, ngobrol dll. The Internet of Things juga telah menghubungkan perangkat lain dari rumah, mobil, jam analog, dan dompet kita (gopay, ovopay, paylater, link aja dan pay pay lainnya).  Teknologi 5G juga berkembang pesat walaupun di indonesia infastrukturnya belum banyak, tapi device yang mendukung teknologi 5G sudah banyak beredar di pasaran.

Teknologi IOT juga digabung dengan AI/ML/DL dll yang menjadikan komputer bisa mengenali pattern atau dapat belajar/learning sendiri dengan data. Btw sekarang banyak web yang menyediakan dataset/big data untuk pembelajaran dari komputer. Dari sebelumnya komputer hanya bisa di perintah, trus di dikasih aturan2 yang bisa mendriven ke keputusan tertentu/decision making (output), dan sekarang komputer sudah bisa belajar sendiri wkwkwk.

Dan yang terbaru teknologi blockchain meski sudah diperkenalkan udah lama kali ya tapi baru booming setelah mother of coin alias bitcoin terbang harganya to the moon. (nyesel dulu ga nyimpen bitcoin).  Sekarang sudah banyak kali ya utility dari blockchain sampe main game juga pake teknologi ini. istilahnya P2E. NFT dan metaverse (dunia lain) juga lagi booming gan. Udah pernah sih nyobain bikin NFT trus di jual di opensea tapi gak laku wkwkwkw.

Author: android78

i m cool

Leave a comment